Wednesday, August 25, 2010

Life is just a game

Itu judul yang saya berikan untuk blog ini. Sebagai artikel pembuka untuk blog ini, saya ingin meng-intisarikan makna hidup ini buat saya.

Sebatas permainan.

Hidup dan permainan memiliki banyak kesamaan. Persamaan yang paling utama adalah: Anda butuh tahu aturan untuk tetap berada di dalamnya. Contoh mudah, sebuah permainan sepakbola. Anda harus tahu peraturan supaya Anda bisa tetap survive di lapangan, bukan ? Dilarang memegang bola dengan tangan (untuk pemain outfield), dilarang melanggar lawan dengan keras, dan sebagainya.

Bagi saya, hidup adalah sebuah permainan. Queen pernah berkata :

It's so easy, when you know the rules.

Pahamilah aturan permainan dalam hidup ini, dan Anda akan menang. Saya tidak berbicara 'aturan' sebagai dogma-dogma agama atau aturan-aturan perundang-undangan secara spesifik. Aturan ini lebih berarti 'apa saja aturan yang berlaku dalam radius 100 meter di sekeliling Anda'.

Hidup adalah permainan, dan akan terasa mudah ketika Anda tahu aturannya bagaimana.

No comments: